Jumat, 21 Juni 2013

Posted by agis maulana
No comments | 05.22

Macam Bentuk Dan Cara Menyusun Api Unggun

Api unggun
Google Images
Api unggun  memiliki fungsi yang sangat banyak baik dalam kepramukaan atau upacara pramuka maupun untuk umum sperti pendaki gunung, camping dan masih banyak lagi. membuat api unggun tentunya memiliki tujuan penting tertentu bukan sekedar untuk penerang kegelapan, Cara membuat atu menyusun api unggun pun tidak sembrangan.
Fungsi dan kegunaan penting api unggun
  • Penghangat.
  • menghindari serangan binatang buas.
  • memasak.
  • sebagai alat untuk membuat sandi morse dengan asapnya.
  • penerang.
Api unggun biasanya berbentuk seperti piramid yang terbuat dari tumpukan kayu bakar yang di susun berdiri, namun ternyata api unggun memiliki  lima macam bentuk dalam penyusunannya, penasaran seperti apa kelima bentuk dari penyusunan api unggun tersebut.
Berikut daftar lima jenis bentuk dan cara penyusunan api unggun yang berhasil tunaskelapa.com pilihkan untuk anda:
Bentuk Piramida Segitiga
google image
google image
Yang pertama adalah berbentuk piramida segitiga,
jenis api uggun ini memiliki rongga di tengah yang bertujuan untuk tempat menempatkan bahan bakar yang mudah terbakar seoerti kapas daun kering atu minyak tanah sebagai nyala awal api.api unggun jenis ini biasanya membutuhkan pengikat dari kawat  agar tumpukan kayu tidak roboh.




2.Bentuk Piramida Bujur Sangkar
Api unggun bujur sangkarYang kedua adalah Piramida bujur sangkar.
jenis api unggun piramida bujur sangkar ini caranya penyusunan dan bentuknya sama dengan bentuk piramida segitiga,namun bentuk penyusunannya berupa kotak atau bujur sangkar semakin keatas semakin runcing serta posisi kayu di tidurkan.
 



3. Bentuk Pagoda Tegak

api unggun pagodajenis api unggun pagoda tegak ini adalah api unggun campuran, maksudnya kayu yang di gunakan pada penyusunan api unggn ini terdiri dari kayu kering dan kayu basah. kayu yang masih basah berfungsi sebagai gawang atau tiang penyangga kayu yang kering yang di senderkan.
Cara menyalakanya taruh serabut atau benda yang mudah terbakar pada rongga tumpukan kayu tersebut kemudian nyalakan.

 
4. Bentuk Pagoda Roboh
4jenis yang ke empat adalah berbentuk pagoda roboh.
jenis bentuk api unggun ini adalah bentuk yang paling sederhana karena penyusunanya sangat gampang dan cukup susun kayu bakar berjejer dan membuat linggaran dengan ujung kayu bertemu di tengah.




5 .Bentuk Kursi
google image
google image
Bentuk api unggun yang terakhir adalah jenis Kursi.
jenis penyusunan api uggun ini gampang gampang susah karea cukup membutuhkan kesabaran dalam menyusunya.
Caranya:
Dua kayu basah dipancangkan agak berjauhan dan agak condong ke belakang. Setelah tiang pemancang api unggun sudah di buat. langkah selanjutnya adalah menyusun kayu-kayu hingga membentuk kursi. apiunggun ini di buat ketika keadan tidak memungkinkan untuk membuat jenis api unggun di ata s seperti angin bertiup sangat kencang dll.

 
Demikian Macam Bentuk Dan Cara Menyusun Api Unggun semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogroll

About