Sabtu, 22 Juni 2013

Posted by agis maulana
No comments | 02.10

8 Makanan Yang Bisa Dimakan Pramuka Saat Di Hutan

makanan hutan
Jenis tumbuhan dan hewan yang bisa dimakanan bagi petualang seprti pramuka ketika berada di alam bebas ” hutan, gunung” adalah bekal pengetahuan penting yang harus di miliki oleh setiap individu pramuka atau survival yang sering berpetualang menyambangi hutan liar dan gunung.
Dibutuhkani ilmu Biologi dan Zoologi praktis bagi pramuka untuk membedakan makanan mana yang aman dan berbahaya jika dikonsumsi di alam bebas ketika dalam kondisi dan keadaan tertentu di alam terbuka.
Salah satu penunjang bagi perlindungan tubuh yang berasal dari dalam tubuh adalah makanan yang dibutuhkan untuk menambah kalori, memberikan tenaga pada otot, and mengganti sel – sel yang rusak. Inilah Sumber – sumber makanan yang bisa dimakan ketika berada di hutan versi majalah pramuka online tunaskelapa.com yang bisa anda jadikan bahan pengetahuan sebelum memulai petualangan :
1. Larva kumbang
. Biasanya larva ini hidup di dalam kayu yang membusuk. Mereka bisa disantap langsung. Namun bila jijik, silakan dibakar di atas kayu bakar.
2. Burung
 Semua jenis burung bisa dimakan, Anda bisa membakarnya di atas api unggun sebelum dimakan.Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan pernah memakan burung pemakan bangkai, seperti burung nasar karena rasanya tidak enak
3. Rayap
Serangga yang biasa ditemukan di kayu ini bisa dimakan. Ada yang mengatakan rasanya seperti selai kacang Rayap juga menjadi pilihan makanan yang baik karena mengandung protein yang cukup tinggi
4. Katak
Biasanya bagian yang diambil adalah kaki karena memiliki daging yang tebal. Namun, ada hal yang penting diingat sebelum menyantap katak. Jangan lupa untuk menguliti tubuhnya sebelum dimakan.
5. Kadal dan ular
Kaki belakang dan ekor kadal adalah bagian terbaik untuk dimakan. Namun, jika Anda ingin memakan ular, sebaiknya segera potong kepalanya setelah dimatikan karena inilah bagian paling berbahaya.
6. Jangkrik dan belalang
 Jangkring dan belalang adalah cemilan di beberapa negara di dunia, seperti Thailand. Bahkan, warga Gunung Kidul di Yogyakarta pun menjadikan belalang sebagai salah satu bahan makanan.
7. Semut
 Selain jangkrik dan belalang, serangga lain yang bisa Anda jadikan bahan makan adalah semut. Di Thailand, semut adalah salah satu makanan yang dianggap paling lezat. Kumpulkan semut yang ada di hutan, kemudian bakar atau pun goreng di atas wadah.
8. Makanan dari tumbuhan
Tumbuhan terutama memberikan karbohidrat dan seratnya memperlancar pencernaan.
Contoh tumbuhan yang dapat dimakan :
  •  Umbi : talas, kentang, besusu, paku tanah
  •  Batang : umbut muda pisang, sagu, rumput madu, rebung.
  •  Buah : kelapa, arbei, strawbery hutan, nipah, dll
  •  Biji : padi, jagung, rumput teki madura
  •  Bunga : turi, pisang
  • Daun : rasamala, melinjo, tangkai dan daun begonia ,daun selada air ( arnong )
  • Tunas / pucuk : cemara.
Berati- hatilah saat memilih dan mengetahui makanan yang bisa di konsumsi aman di alam bebas

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogroll

About